PENILAIN DI TK/RA

Posted: Juni 20, 2010 in pendidikan

A. PENGERTIAN

Penilaian adalah suatu usaha mengumpulkan dan menafsirkan berbagai informasi secara sistematis, berkala, berkelanjutan, menyeluruh tentang perkembangan  yang telah dicapai oleh anak didik melalui pembelajaran.

B.  TUJUAN PENILAIAN

Tujuan penilaian adalah untuk mengetahui perkembangan  yang telah dicapai oleh anak didik selama mengikuti pembelajaran.

C. FUNGSI PENILAIAN

Fungsi penilaian adalah sebagai berikut:

  1. Memberikan umpan balik untuk menyempurnakan pembelajaran.
  2. Sebagai bahan pertimbangan bagi guru untuk membimbing perkembangan anak didik baik fisik maupun psikis sehingga dapat berkembang secara optimal.
  3. Sebagai bahan pertimbangan bagi guru untuk melakukan kegiatan bimbingan terhadap anak didik yang memerlukan perhatian khusus.
  4. Sebagai bahan pertimbangan bagi guru untuk menempatkan anak dalam kegiatan yang sesuai dengan minat dan kebutuhannya.
  5. Memberikan informasi kepada orang tua tentang perkembangan yang telah dicapai oleh anak didik sebagai bentuk pertanggungjawaban.
  6. Sebagai  informasi bagi orang tua untuk menyesuaikan pendidikan keluarga dengan proses pembelajaran di TK.
  7. Sebagai bahan masukan bagi berbagai pihak dalam rangka pembinaan selanjutnya terhadap anak didik.


D. RUANG LINGKUP PENELITIAN

Penilaian mencakup dua bidang pengembangan,sebagai berikut:

  1. Bidang pengembangan diri meliputi moral dan nilai-nilai agama, sosial-emosional dan kemandirian.
  2. Bidang pengembangan kemampuan dasar meliputi kemampuan berbahasa, kognitif, fisik/motorik, dan seni.

E. Prinsip-prinsip Penilaian

  1. Terencana

Penilaian dilakukan secara terencana sesuai dengan aspek perkembangan yang akan dinilai.

  1. Sistematis

Penilaian dilakukan secara teratur dan terprogram.

  1. Menyeluruh

Penilaian  mencakup semua aspek perkembangan anak baik moral dan nilai-nilai agama, sosial-emosional, kemandirian, berbahasa, kognitif, fisik/motorik, seni.

  1. Berkesinambungan

Penilaian dilakukan secara bertahap dan terus menerus untuk memperoleh gambaran tentang  perkembangan anak didik.

  1. Obyektif

Penilaian dilaksanakan terhadap  semua aspek perkembangan   sebagaimana adanya.

  1. Mendidik

Proses dan hasil penilaian dapat dijadikan dasar untuk memotivasi dan mengembangkan  anak didik  secara optimal.

  1. Kebermaknaan

Hasil penilaian harus mempunyai arti dan bermanfaat bagi guru, orang tua, anak didik dan pihak lain.

F. TEKNIK PENILAIAN

-  Penilaian dengan Menggunakan Simbol

1.  Cara penilaian

Dalam melaksanakan penilaian dengan menggunakan simbol guru dapat memakai cara penilaian berupa :

  1. Observasi

Observasi adalah cara pengumpulan data melalui pengamatan langsung terhadap sikap, perilaku dan berbagai kemampuan yang ditunjukkan anak.

  1. Catatan anekdot (anecdotal record)

Catatan anekdot adalah cara pengumpulan data melalui pengamatan langsung tentang sikap dan perilaku anak yang muncul secara tiba-tiba (peristiwa yang terjadi secara insidental).

  1. Percakapan

Percakapan adalah cara pengumpulan data melalui interaksi lisan untuk mendapatkan informasi tentang pengetahuan atau penalaran anak mengenai sesuatu hal.

  1. Penugasan

Penugasan adalah cara pengumpulan data berupa pemberian tugas yang harus dikerjakan anak didik dalam waktu tertentu baik secara perorangan maupun kelompok.

e.  Unjuk kerja

Unjuk kerja adalah cara pengumpulan data yang menuntut anak didik untuk melakukan tugas dalam perbuatan yang dapat diamati, misalnya praktek menyanyi, olah raga, memperagakan sesuatu.

Cara-cara penilaian di atas dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung dan terintegrasi dengan metode pembelajaran.

2.   Alat Penilaian

Alat penilaian yang digunakan adalah :

  1. SKH (Satuan Kegiatan Harian )
  2. Format catatan anekdot (anecdotal record)

3. Prosedur Penilaian

  1. Guru melaksanakan penilaian dengan mengacu pada kemampuan (indikator) yang hendak dicapai dalam satu satuan kegiatan yang direncanakan dalam tahapan waktu tertentu dengan memperhatikan prinsip penilaian yang telah ditentukan. Penilaian dilakukan seiring dengan kegiatan pembelajaran. Guru tidak secara khusus melaksanakan penilaian, tetapi ketika pembelajaran dan kegiatan bermain berlangsung, guru dapat sekaligus melaksanakan penilaian. Dalam pelaksanaan penilaian sehari-hari, guru menilai kemampuan (indikator) semua anak yang hendak dicapai seperti yang telah diprogramkan dalam satuan kegiatan harian (SKH).
  1. Cara pencatatan hasil penilaian harian dilaksanakan sebagai berikut:

1). Catatlah hasil penilaian pada kolom penilaian perkembangan anak  dalam Satuan Kegiatan Harian (SKH).

2).  Anak yang belum mencapai indikator seperti diharapkan dalam SKH atau dalam melaksanakan tugas selalu dibantu guru, maka pada kolom penilaian dituliskan nama anak dan diberi tanda bulatan kosong (0).

3). Anak yang sudah melebihi indikator yang tertuang dalam SKH atau mampu melaksanakan tugas tanpa bantuan secara tepat/cepat/ lengkap/benar, maka pada kolom penilaian dituliskan nama anak dan tanda bulatan penuh (●).

4). Jika semua anak menunjukkan kemampuan sesuai dengan indikator yang tertuang dalam SKH, maka pada kolom penilaian dituliskan kata ”semua anak”  dengan tanda cheklist (√) misal : semua anak √.

  1. Hasil catatan penilaian yang ada dalam satuan kegiatan harian (SKH) dirangkum dan dipindahkan ke dalam format rangkuman penilaian perkembangan anak didik TK.
  2. Apabila hasil penilaian pada perkembangan anak dalam 1 bulan pada SKH lebih cenderung memperoleh bulatan penuh maka hasilnya akan dipindahkan bulatan penuh pada rangkuman bulanan dengan selalu memperhatikan proses perubahan perilaku dan kemampuan dalam pembelajaran.

Contoh :

√  √

√   √

  1. Apabila hasil penilaian pada perkembangan anak dalam 1 bulan pada SKH lebih cenderung memperoleh bulatan kosong maka hasilnya akan dipindahkan bulatan kosong pada rangkuman bulanan.

Contoh :

√   √

√   √

  1. Apabila hasil penilaian pada perkembangan anak dalam 1 bulan pada SKH lebih cenderung seimbang perolehan bulatan penuh dan bulatan kosong maka hasilnya berupa tanda ceklist (√) yang kemudian dipindahkan ke rangkuman bulanan.

Contoh :

√   √   √   √                    √

√  √   √                    √

√   √                   √

√   √                   √

√   √                   √

√                       √

Keterangan :

√  /

}  Ketika guru menyimpulkan hasil akhir setiap bulan, hendaknya melihat catatan anekdot

/ √

  1. Data dari buku rangkuman selama satu semester dianalisis dan disimpulkan untuk menetapkan gambaran perkembangan anak yang dideskripsikan ke dalam laporan penilaian.

–   Penilaian dengan Menggunakan Portfolio

1. Cara Penilaian

Dalam melaksanakan penilaian dengan portfolio guru dapat menggunakan cara penilaian berupa :

Observasi,Catatan anekdot (anecdotal record), Percakapan, penugasan unjukkerja, selain itu juga kumpulan hasil karya anak.

Penilaian dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung tetapi menggunakan format/ alat penilaian tersendiri. Guru harus mengisi format sesuai dengan SKH yang diprogramkan.

2. Alat Penilaian

Alat penilaian portfolio dapat menggunakan format-format sebagai berikut:

  1. Format observasi (lampiran 2)
  2. Format catatan anekdot (lampiran 3)
  3. Format percakapan ( lampiran 4)
  4. Format penugasan ( lampiran 5)
  5. Format unjuk kerja ( lampiran 6)

3.  Prosedur Penilaian

  1. Guru melihat SKH yang dibuat dalam satu hari pembelajaran.
  2. Guru mengklasifikasi kegiatan yang akan dilakukan di kelas.

Contoh : percakapan, penugasan, unjuk kerja dan lain-lain.

  1. Guru menyiapkan format-format penilaian sesuai dengan kegiatan-kegiatan pembelajaran dalam SKH .
  2. Dalam mempersiapkan format penilaian guru menentukan waktu, kegiatan pembelajaran dan aspek yang dinilai.
    1. Guru menuliskan hasil penilaian ke dalam format-format penilaian.
    2. Setiap hasil karya anak dideskripsikan oleh guru pada lembar hasil karyanya.
    3. Guru mendokumentasikan, menganalisis dan menyimpulkan hasil penilaian berikut berbagai deskripsi hasil karya anak didik ke dalam format rangkuman penilaian ( lampiran 7)

Setelah satu semester guru merangkum hasil penilaian perkembangan anak secara keseluruhan kemudian dinarasikan dan dituangkan ke dalam BLP (Buku Laporan Perkembangan Anak)

– Penilaian Gabungan

Penilaian ini merupakan gabungan antara penilaian yang menggunakan simbol dan portfolio. Sedangkan cara, alat, dan prosedur penilaian  sesuai dengan penjelasan di atas.

G. Laporan Hasil penilaian

Berdasarkan hasil rangkuman perkembangan anak didik setiap penggalan waktu tertentu, penilaian dilaporkan dalam bentuk uraian (deskripsi) singkat dari masing-masing program pengembangan di TK, yaitu:

  1. Program pengembangan diri
  2. Program pengembangan kemampuan dasar

Uraian (deskripsi) dirumuskan dan dibuat seobyektif mungkin sehingga tidak menimbulkan persepsi yang salah bagi orang tua/wali atau bagi yang berkepentingan dalam bentuk Laporan Perkembangan  Anak Didik TK. Contoh uraian (deskripsi) dan bentuk pelaporan perkembangan anak didik TK disajikan pada lampiran 9, 10, dan 11.

  1. 1. 1.  Pola Penulisan Laporan

Berdasarkan hasil penilaian guru tentang perkembangan anak selama satu semester maka pola pelaporan yang dituangkan ke dalam buku perkembangan anak didik TK mengikuti kriteria sebagai berikut:

a. Uraian perkembangan secara umum.

b.   Uraian perkembangan kemampuan anak yang menonjol atau lebih pada semua aspek perkembangan.

c.   Uraian perkembangan kemampuan anak yang masih perlu ditingkatkan pada aspek perkembangan anak.

2. TEKNIK MELAPORKAN HASIL PENILAIAN

Laporan Perkembangan Anak Didik TK dilaporkan oleh kepala/guru TK secara lisan dan tertulis. Cara yang ditempuh dapat dilaksanakan dengan bertatap muka serta dimungkinkan adanya hubungan dan informasi timbal balik antara pihak TK dan orang tua/wali. Hal yang perlu diingat dalam pelaksanaan kegiatan ini hendaknya menjaga kerahasiaan data atau informasi, artinya bahwa data atau informasi tentang anak didik hanya diinformasikan dan dibicarakan dengan orang tua/wali anak didik yang bersangkutan atau tenaga ahli dalam rangka bimbingan selanjutnya.

About these ads
Komentar
  1. HD mengatakan:

    ass,. tolong masukan format penilaian / contoh kolom penilaiannya ya.., butuh bgt nih,..

  2. deslia mengatakan:

    makasih… aja

  3. tivhasukrial mengatakan:

    contoh format evaluasinya mana????

  4. herlien agustina mengatakan:

    gimana format penilaian harian yang mudah dimengerti?

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s