PENGEMBANGAN SILABUS DI TK/RA

Posted: Juni 20, 2010 in pendidikan, Uncategorized

A. Pengertian

Silabus merupakan seperangkat rencana dan pengaturan kegiatan pembelajaran, pengelolaan kelas, dan penilaian hasil belajar. Silabus harus disusun secara sistematis dan berisikan komponen-komponen yang saling berkaitan untuk memenuhi target pencapaian Kompetensi Dasar. Silabus pembelajaran di TK dituangkan dalam bentuk perencanaan semester, perencanaan mingguan dan perencanaan harian.

B. Ruang Lingkup

Pedoman pengembangan silabus di TK ini mencakup tiga hal, yaitu:

1.   Perencanaan semester

2.   Perencanaan mingguan

3.   Perencanaan harian

C. Tema

Tema merupakan alat atau wadah untuk mengenalkan berbagai konsep kepada peserta didik secara utuh. Dalam pembelajaran, tema diberikan dengan maksud menyatukan isi kurikulum dalam satu kesatuan yang utuh, memperkaya perbendaharaan bahasa peserta didik dan membuat pembelajaran lebih bermakna.  Berikut ini contoh temaa dan aloksi waktu :

Tema Semester 1

No. Tema Perkiraan Waktu*
1 Diri Sendiri 3 minggu
2 Lingkunganku 4 minggu
3 Kebutuhanku 4 minggu
4 Binatang 3 minggu
5 Tanaman 3 minggu
JUMLAH 17 minggu

Tema Semester 2

No. Tema Alokasi Waktu
1 Rekreasi 4 minggu
2 Pekerjaan 3 minggu
3 Air, udara, dan api 2 minggu
4 Alat komunikasi 2 minggu
5 Tanah airku 3 minggu
6 Alam semesta 3 minggu
JUMLAH 17 minggu

D. Perencanaan Mingguan

Perencanaan mingguan disusun dalam bentuk satuan kegiatan mingguan (SKM). SKM merupakan penjabaran dari perencanaan semester yang berisi kegiatan-kegiatan dalam rangka mencapai indikator yang telah direncanakan dalam satu minggu sesuai dengan keluasan pembahasan tema dan subtema.

Perencanaan mingguan dapat disusun dalam bentuk, antara lain satuan kegiatan mingguan (SKM) model pembelajaran kelompok dan satuan kegiatan mingguan  (SKM)  model pembelajaran berdasar minat.

  1. SKM model pembelajaran kelompok

Komponen SKM model pembelajaran kelompok adalah sebagai berikut:

  • Tema dan sub tema.
  • Alokasi waktu.
  • Aspek pengembangan.
  • Kegiatan per aspek pengembangan.

2.   SKM model pembelajaran dengan sudut kegiatan

Komponen SKM model pembelajaran dengan sudut adalah sebagai berikut:

  • Tema dan sub tema.
  • Alokasi waktu.
  • Aspek pengembangan.
  • Kegiatan per aspek pengembangan.

3.     SKM model pembelajaran dengan area

Komponen SKM model pembelajaran dengan area adalah sebagai berikut:

  • Tema dan sub tema.
  • Alokasi waktu.
  • Aspek pengembangan.
  • Kegiatan per aspek pengembangan.

E.   Perencanaan Harian

1.  SKH model pembelajaran kelompok

Komponen SKH model pembelajaran kelompok sebagai berikut:

  • Hari, tanggal, waktu.
  • Indikator.
  • Kegiatan pembelajaran.
  • Alat/sumber belajar.
  • Penilaian perkembangan peserta didik.

2.  SKH model pembelajaran dengan sudut kegiatan

Komponen SKH model pembelajaran dengan sudut kegiatan sebagai berikut:

  • Hari, tanggal, waktu.
  • Indikator.
  • Kegiatan pembelajaran.
  • Alat/sumber belajar.
  • Alat dan hasil penilaian perkembangan anak didik.

3.  SKH model pembelajaran dengan area

Komponen SKH model pembelajaran dengan area sebagai berikut:

  • Hari, tanggal, waktu.
  • Indikator.
  • Kegiatan pembelajaran.
  • Alat/sumber belajar.
  • Alat dan hasil penilaian perkembangan anak didik.

DIRI SENDIRI

CONTOH PERENCANAAN SEMESTER I

KELOMPOK A

(3 Minggu)

  1. A. Bidang Pengembangan Pembiasaan

Moral dan Nilai-nilai Agama

KOGNITIF

Kelompok A

SENI

Contoh   SKM Model Pembelajarn dengan Kelompok

Kelompok B


Contoh SKM Model Pembelajaran dengan Area

Kelompok B

SKH MODEL PEMBELAJARAN DENGAN KELOMPOK

UNTUK KELOMPOK A

SATUAN KEGIATAN HARIAN

KELOMPOK                          :  A

SEMESTER/MINGGUAN      :  I/1

TEMA/SUB TEMA                 :  DIRI SENDIRI/MENGENAL DIRIKU

HARI, TANGGAL                  :  SENIN 21 JULI 2006

WAKTU                                  :  7.30 – 10.15

INDIKATOR

KEGIATAN PEMBELAJARAN

ALAT/SUMBER BELAJAR

PENILAIAN PERKEMBNGAN ANAK

ALAT

HASIL

– Menyebutkan nama diri,
nama orangtua, jenis kelamin
dan alamat rumah dengan
lengkap dan benar

– Berjalan keberbagai arah
dengan berbagai cara
misalnya berjalan maju
diatas garis lurus, berjalan
diatas papan titian, berjalan
kedepan dengan tumit,
berjalan dengan jinjit (angkat
tumit), berjalan mundur.

Membuat berbagai bentuk dengan menggunakan plastisin, tanah liat.

Membilang dengan menunjukkan konsep bilangan (angka atau konsep bilangan dengan benda-benda)

Mewarnai bentuk gambar sederhana

– Menyebutkan
posisi/keterangan tempat
misalnya di luar, di dalam, di
atas, di bawah,di depan, di
kiri, di kanan.

Upacara bendera

Kegiatan awal  1 – 30 menit

– Bernyanyi, berdo’a dan salam

– Tanya jawab tentang nama diri

– Pemberian tugas berjalan lurus
kedepan

Kegiatan Inti + 60 menit

Area Seni / Motorik

Membentuk orang dengan plastisin

Pemberian tugas

Membilang/mengenal konsep bilangan 1 – 2

Mewarnai gambar orang

Kegiatan Akhir + 30 menit

– Tanya jawab tentang posisi di atas-
di bawah

– Diskusi tentang kegiatan hari ini
dan besok.

– Bercerita ”Bangun pagi”.

– Menyanyi, berdo’a pulang

– Tiang Bendera dan
bendera

– Anak langsung

– Anak langsung

– Kapur tulis, garis ubin

– Plastisin

Gambar orang

Buah-buahan tiruan, dll

– Crayon

– Gambar – gambar

– Anak langsung, meja
bola

Anak langsung

– Buku cerita

– Anak langsung

– Observasi

Observasi

Percakapan

– Unjuk kerja

Penugasan

Penugasan

Hasil karya

Penugasan

Observasi

Observasi

Observasi

Jakarta, ………………….

Mengetahui

Kepala TK …………………………..                                                                                 Guru Kelompok A

(………………………………)                                                                                                (…………………………..)

Contoh  SKh Model Pembelajaran dengan Sudut

Kelompok A

SATUAN KEGIATAN HARIAN

KELOMPOK A

Semester/Minggu               : I/1

Tema/Sub Tema                 : Diri Sendiri/Mengenal diriku

Hari Tanggal                        : Senin, 21 Juli 2006

Waktu                                    : 7.30 – 10.15

INDIKATOR KEGIATAN PEMBELAJARAN ALAT/SUMBER PEMBELAJARAN PENILAIAN PERKEMBANGAN ANAK
ALAT HASIL
– Menyebutkan nama diri,
nama orangtua, jenis
kelamin, tanggal dan bulan
kelahirannya,alamat
rumah dengan lengkap (B).

– Berjalan ke berbagai arah dengan brbagai cara misalnya berjalan maju di atas garis lurus, berjalan di atas papan titian, berjalan ke depan dengan tumit, berjalan ke depan, jinjit (angkat tumit), berjalan, mundur.

– Menciptakan dua bentuk bangunan dari balok (S).

– Memasang dan membuka tali sepatu (P)

– Membilang dengan menunjuk benda

( mengenal konsep bilangan dengan benda-benda sampai 5) (K)

– Menggambar bebas dengan berbagai media (pensil warna, crayon, arang, kaur, dll) (S).

– Menyebutkan posisi/keterangan tempat, misalnya di luar, di dalam, di atas, di bawah, di depan di kiri, di kanan, dsb (B).

– Menyanyi minimal 20 lagu
anak-anak (S)

Upacara Bendera ± 15 menit

I. Kegiatan Awal  ± 30 menit

(kalsikal)

–   Bernyanyi, berdoa, salam

–  Tanya jawab tentang nama
diri

–   Pemberian tugas berjalan lurus
kedepan….

Sudut pembangunan

– Pemberian tugas
menciptakan bentuk  bangunan dari balok

Sudut keluarga

–  Pemberian tugas memasang
tali sepatu

Sudut kebudayaan

–  Pemberian tugas mengenal konsep bilangan dengan benda-benda 1-2

Sudut Kebudayaan

– Menggambar bebas dengan   krayon

ISTIRAHAT/MAKAN ± 30 MENIT

Mencuci tangan, berdo’a sebelum dan sesudah makan, bermain

KEGIATAN AKHIR ±30 MENIT

Tanya jawab tentang posisi, di atas, di bawah

– Menyanyi lagu “Anak Baru”

– Diskusi Kegiatan hari ini

– Menyanyi, berdo’a pulang

–   Bendera dan tiang   Bendera

–   Anak Langsung

–   Garis ubin

– Balok berbagai ukuran dan
warna

– Sepatu anak

–  Lambang bilangan

–  Tutup botol

–  Batu-batuab, dll

– Buku gambar, krayon

–  Kue, minum anak, serbet, air, alat bermain di luar

– Meja guru/anak langsung,
bola

– Anak langsung

– Observasi

– Percakapan

– Unjuk kerja

– Hasil Kerja

Penugasan

Penugasan

Penugasan

Observasi

Observasi

Mengetahui

Kepala TK ……………………..                                                                                                Guru Kelompok A

( ……………………………………)                                                                                                   ( ……………………….)

SKH MODEL PEMBELAJARAN DENGAN AREA

UNTUK KELOMPOK A

SATUAN KEGIATAN HARIAN

KELOMPOK                          :  A

SEMESTER/MINGGUAN      :  I/1

TEMA/SUB TEMA                 :  DIRI SENDIRI/MENGENAL DIRIKU

HARI, TANGGAL                  :  SENIN 21 JULI 2006

WAKTU                                  :  7.30 – 10.15

INDIKATOR

KEGIATAN PEMBELAJARAN

ALAT/SUMBER BELAJAR

PENILAIAN PERKEMBNGAN ANAK

ALAT

HASIL

– Menyebutkan nama diri,
nama orangtua, jenis kelamin
dan alamat rumah dengan
lengkap dan benar

– Berjalan keberbagai arah
dengan berbagai cara
misalnya berjalan maju
diatas garis lurus, berjalan
diatas papan titian, berjalan
kedepan dengan tumit,
berjalan dengan jinjit (angkat
tumit), berjalan mundur.

Membuat berbagai bentuk dengan menggunakan plastisin, pledoug/tanah liat.

Mewarnai bentuk gambar sederhana

Membilang dengan menunjuk benda( mengenal konsep bilangan dengan benda-benda sampai 5)

– Memasang dan membuka
tali sepatu

– Menyebutkan
posisi/keterangan tempat
misalnya di luar, di dalam, di
atas, di bawah,di depan, di
kiri, di kanan.

Upacara bendera

Kegiatan awal  1 – 30 menit

– Bernyanyi, berdo’a dan salam

– Tanyajawab tentang nama diri

– Pemberian tugas berjalan lurus
kedepan

Kegiatan Inti + 60 menit

Area Seni / Motorik

Membentuk orang dengan plastisin

Mewarnai gambar orang

Area matematika/berhitung

Pemberian tugas membilang dengan benda-benda 1 – 2

Area Drama

Pemberian tugas memasang tali sepatu

Istirahat/makan (+ 30 menit)

– Mencuci tangan, berdo’a sebelum
dan sesudah makan.

– Bermain.

Kegiatan Akhir + 30 menit

– Tanya jawab tentang posisi di atas-
di bawah

– Diskusi tentang kegiatan hari ini
dan besok.

– Bercerita ”Bangun pagi”.

– Menyanyi, berdo’a pulang

– Tiang Bendera dan
bendera

– Anak langsung

– Anak langsung

– Kapur tulis, garis ubin

– Plastisin,

– Alas plastisin

– Crayon

– Kertas gambar

Gambar orang, buah-buahan tiruan, dll

Sepatu anak

Air, serbet, Bekal anak

Alat bermain diluar kelas

– Anak langsung, meja
bola

– Buku cerita

– Anak langsung

– Observasi

Observasi

Percakapan

– Unjuk kerja

Penugasan

Hasil karya

Penugasan

Unjuk kerja

Observasi

– Penugasan

– Observasi

– Observasi

Jakarta, ………………….

Mengetahui

Kepala TK …………………………..                                                                                 Guru Kelompok A

(………………………………)                                                                                                (…………………………..)

Komentar
  1. dian rahmawati mengatakan:

    mohon minta bantuan menyusun SKM dan SKH dgn tema REKREASI THX

  2. maharani mengatakan:

    tolong dong di tampilkan untuk semester 2

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s