RESUME RENCANA PEMBENTUKAN TIM NASIONAL PENINGKATAN MUTU TAMAN KANAK-KANAK AL QUR’AN – TAMAN PENDIDIKAN AL QUR’AN

Posted: Desember 24, 2010 in Taman Pendidikan Al-Qor'an

 

 

Berawal dari pertemuan di hotel Jamrud Cirebon pada atnggal 2-4 Oktober 2009, yang dihadiri 60 orang aktifis TKQ-TPQ dari 5 Provinsi (Jateng, DIY, Jabar, Jambi, dan Bengkulu). Dalam pertemuan yang dibiayai sepenuhnya oleh Departemen Agama Republik Indonesia dan dihadiri oleh Dr. Undang Sumantri Kepala Bagian Tata Usaha dan Dr. Adib Kepala Seksi Kurikulum Direktorat Pondok Pesantren Departemen Agama Republik Indonesia berhasil merumuskan beberapa rekomendasi, salah satunya adalah perlunya dibentuk Badan Koordinasi TKQ-TPQ Tingkat Nasional. Drs. H. Musthofa Kamal Ruthfi selaku Ketua Penyelenggara pertemuan dan Drs. H.M Budiyanto, M.S.I selaku aktifis awal gerakan TKQ-TPQ, diberi tugas untuk merintisnya.

Enam bulan setelah pertemuan Cirebon, pada tanggal10 April 2010 diadakan pertemuan di rumah H. Anang Luqman, Tasikmalaya. Dalam pertemuan yang dihadiri 19 orang aktifis TKQ-TPQ dari DIY dan Jawa Barat yang disepakati bahwa sebelum bisa dibentuk Badan Koordinasi TKQ-TPQ Tingkat Nasional perlu dibentuk Tim Nasional Peningkatan Mutu Taman Pendidikan Al-Quran Indonesia. Pertemuan juga menyepakati, bahwa untuk sementara Drs H.M Budiyanto, M.S.I bertindak sebagai Ketua Tim dan Drs. H Musthofa Kamal Ruthfi sebagai Seketaris Tim.

Kemudian pada tanggal 6-7 Mei 2010 diadakan pertemuan lagi di Cisarua Puncak Bogor yang dihadiri 12 aktifis dari DIY, Jawa Barat dan Jawa Timur. Dalam pertemuan ini disepakati beberapa rencana program kerja dari Tim dan memohon kesediaan KH. DR. Ahsin Sacho Muhammad untuk menjadi pilar / pengasuh Tim.

Akhirnya pada tanggal 15 Mei 2010 diadakan pertemuan di rumah KH DR. Ahsin Sacho Muhammad Cirebon. Dalam pertemuan yang dihadiri 15 orang aktifis dari DIY, Jawa Timur dan Jawa Barat ini disepakati:

1.      Pembentukan Tim Nasional Peningkatan Mutu Taman Pendidikan Al-Quran Indonesia.

2.      Kepengurusan Tim terdiri dari Dewan Pembina dan Dewan Pengurus. Dewan Pembina bertugas untuk mengarahkan jalannya Tim dan Dewan Pengurus bertugas untuk melaksanakan jalannya Tim.

3.      Dewan Pembina terdiri dari KH Dr Ahsin Sacho Muhammad sebagai Ketua, Drs HM Budiyanto, M.S.I sebagai Seketaris, dengan anggota-anggota yang akan ditentukan kemudian. Sekretariat Dewan Pembina adalah Pesantren Dar Al-Quran, Jl. Kebon Baru 01/06 Nomor 26 Arjawinangun-Cirebon, telp/fax: 0231-357259, HP: 081311109156 dan 08156886278.

4.      Dewan Pengurus terdiri dari Drs. H. Musthofa Kamal sebagai ketua, Drs. Nur Halim sebagai Seketaris, dengan anggota yang akan ditentukan kemudian.

5.      Perlu dibentuk semacam Koordinator Lapangan untuk masing-masing wilayah dan daerah.

6.      5 (lima) program utama Tim adalah:

a.       Membina dan Meningkatkan Mutu ustadz-ustadzah melalui pelatihan, pendidikan, dan penataran.

b.      Mengembangkan kurikulum dan penerbitan buku-buku yang dibutuhkan.

c.       Mengembangkan kegiatan ekonomi dan kesejahteraan aktifis.

d.      Membina dan mengembangkan kelembagaan

7.      Guna melengkapi keanggotaan, perlu segera mengkomunikasikan beberapa Tim ini kepada para aktifis yang memiliki kompetensi dan bersedia bergabung.

8.      Hal-hal yang dipandang perlu akan tentukan kemudian dalam pertemuan berikutnya di bulan Juli-Agustus 2010.

Komentar
  1. nangim mengatakan:

    semoga tk nya semakin maju ya… salm kenal dari nangim

  2. ldii karawang mengatakan:

    Semoga segera terlaksana, dan bermanfaat bagi bangsa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s