BUKTI BERIMAN DENGAN AL-QUR’AN

Posted: Oktober 2, 2016 in Ilmu Al-Qur'an

Pengertian Al-Qur’an.

  1. Kitab yang memuat firman Allah semata. Tidak ada di dalamnya perkataan siapapun selain firman Allah. (QS An-Nisa’: 82)
  2. Kitab yang diturunkan Allah kepada Nabi Muhammad saw. dengan perantaraan malaikat Jibril dalam bahasa Arab. (Q.S. Asy-Syu’ara: 192-195)
  3. Kitab yang diturunka sebagai pedoman hidup untuk seluruh umat manusia sampai akhir zaman. (Q.S. Az-Zumar: 41 dan Q.S. Al-Anbiya’: 107)
  4. Kitab yang membacanya saja (apalagi mengerti arti dan maknanya) termasuk ibadah yang berpahala besar.

Bukti kemukjizatan dan kebenaran Al-Qur’an

Bukti-bukti kemukjizatan Al-Qur’an itu, antara lain bisa dilihat pada:

  1. Fashahah dan balaghahnya, keindahan susunan dan gaya bahasanya yang tidak ada tara bandingannya. Tantangan Allah agar manusia, baik sendiri-sendiri maupun bersama-sama untuk menciptakan satu surat saja yang semisal Al-Qur’an, hingga kini tidak ada yang sanggup menjawabnya. (Q.S. Al-Baqarah: 23)
  2. Di dalamnya terdapat berita dan janji mengenai masa yang akan datang, yang kemudian terbukti kebenarannya. Misalnya kabar akan terjadinya perang antara bangsa Rum dan Persi. Kemenangan di pihak Rum setelah sebelumnya mereka kalah dalam peperangan terdahulu. Hal ini disebutkan dalam Q.S. Rum: 2-5, yang diturunkan tidak lama setelah kekalahan bangsa Rum.
  3. Di dalamnya terdapat fakta-fakta ilmiah yang tidak mungkin diketahui manusia di tanah Arab pada waktu itu; namun fakta-fakta tersebut kemudian di belakang hari, khususnya di masa modern saat ini terbukti kebenarannya. Seperti tentang kejadian manusia (Q.S. Al-Mukiminun: 12-14), peredaran matahari (Q.S. Yasin: 38), teori kesatuan alam (Q.S. Al-Anbiya’: 30), kejadian alam (Q.S. Fushshilat: 11), pembagian atom (Q.S. Yunus: 61), berkurangnya oksigen di angkasa (Q.S. Al-An’am: 125), terjadinya perkawinan pada tiap-tiap benda (QS. Adz-Dzariyat: 49), QS. Asy-Syu’ara: 7 dan Q.S. Yasin: 36), selimut janin (Q.S. Az-Zumar: 6), perkawinan dengan lantaran angin (Q.S. Al-Hijr: 22), sel-sel mani (Q.S. Al-‘Alaq: 1-2), perbedaan sidik jari manusia (Q.S. Al-Qiyamah: 3-4), hukum tegangan permukaan air (Q.S. Al-Furqon: 53 dan Q.S. Ar-Rohman: 18-19). Baca uraiannya pada kitab “At-Tibyan fi Ulumil Qur’an” karya Syekh Muhammad Ali Ash-Sha
  4. Pembawanya hanyalah seorang Nabi yang “ummi” (tidak tahu baca tulis), tidak pernah belajar di sekolah rendah apalagi perguruan tinggi, tidak dikenal memiliki guru seorang ulama atau cendekiawan, dan tidak memiliki alat-alat informasi yang bisa memungkinkan untuk belajar dari jarak jauh. Dari mana Muhammad mendapatkan Al-Qur’an yang berisi fakta-fakta ilmiah yang hebat? Tentu tidak lain dari wahyu Allah swt.!
  5. Terjamin keselamatan dan kemurniannya sepanjang masa. Terbukti dengan banyaknya orang yang bisa menghafalnya, termasuk anak kecil yang tidak tahu bahasa Arab sekalipun. Kitab mana setebal Al-Qur’an yang mudah dan banyak dihafal manusia? Ini bukti kebenaran firman Allah dalam Q.S. Al-Hijr: 9 dan Q.S. Al-Qomar: 22 yang sekaligus juga bukti kebenaran Al-Qur’an sebagai wahyu Allah dan sebagai mukjizat Nabi Muhammad saw.

Bukti beriman dengan Al-Qur’an

Di antara bukti-bukti itu adalah:

  1. Akrab dengan Al-Qur’an

Hal ini dilakukan dengan cara mempelajari dan mengajarkan kepada orang lain. Yang ia pelajari dan ajarkan itu meliputi:

  1. Bacaannya
  2. Pemahamannya
  3. Penerapannya
  4. Menghafal dan menjaganya
  5. Mendidik diri dengannya
  6. Tunduk menerima hukum-hukumnya
  7. Mengajak (menyeru) orang kepadanya
  8. Menegakkannya di bumi

Untuk itu, mari kita segera mengambil peran di dalam Gerakan Pengamalan Al-Qur’an ini. Mari !!!

 

Yogyakarta, 22 Juni 2016

Mangun Budiyanto

Tlp. 08156886278

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s